Pusat Sayuran


Yang dimaksud dengan Pusat Sayuran adalah lokasi atau tempat yang di situ banyak terdapat sayuran. Diksi atau pemilihan kata yang paling tepat digunakan memang sayuran, bukan sayur. Sayur lebih mengacu pada masakan seperti sayur bayam, menu makanan sebaiknya juga mengandung sayur  dan sejenisnya. Sementara itu sayuran lebih bermakna pada jenis tanaman dan dalam kondisi masih mentah misalnya pasar itu banyak menjual berbagai jenis sayuran, Pak Marto lebih suka menanami kebunnya dengan sayuran daripada palawija dan sebagainya.Ah itu kan cuma masalah istilah saja. Iya sih, tapi yang jelas yang dimaksud dengan pusat sayuran pada artikel yang sedang Anda baca ini maksudnya bukan jenis masakan ya.

Di Indonesia sendiri para pedagang sayuran(bukan pedagang sayur di warung makan ya) berbeda-beda ketika kulakan atau membeli sayuran yang akan dijual kembali. Di Jawa Timur misalnya mereka lebih suka mengambil sayuran dari Malang atau pegunungan Ijen. Kedua tempat itu memang dikenal sebagai pusat sayur Jawa Timur. Lain lagi kalau di Jawa Tengah, para pedagang pasti lebih memilih kawasan Bandungan atau Dieng. Di daerah-daerah yang memang dikenal sebagai pusat sayuran akan terdapat banyak sekali petani sayuran dan tentu saja pasar sayurannya.
kita pasti maklum bahwa kalau kita membeli sayuran di pusat sayuran seperti contoh di atas pasti akan mendapat harga yang jauh lebih murah ketimbang kalau kita membelinya di pasar tradisional biasa. Apalagi di pasar modern atau mall, harganya pasti bisa selangit.

Baca juga Melinjo aman untuk asam urat

Selain contoh-contoh pusat sayuran seperti yang sudah Anda baca di atas, masih ada lagi daerah-daerah lain yang bisa disebut (atau setidak-tidaknya menamakan diri mereka sendiri) sebagai daerah pusat sayuran. Di daerah-daerah ini jumlah petani sayurannya tidak seperti di Dieng atau Bandungan dan biasanya hanya musiman menanam sayurannya. Musim tanam yang lain digunakan untuk menanam padi atau semangka. Ambil contoh di daerah Demak Jawa Tengah yang beberapa tahun terakhir ini telah menjadi tujuan para pedagang sayuran ketika mau mencari barang dagangannya. Tapi jenis sayurannya juga tertentu saja, misalnya kangkung, bayam, labu, kacang panjang dansayur murah sehat lainnya.


Selain di Demak tentu saja mash banyak daerah- daerah lain yang juga bisa dikatakan sebagai pusat sayuran meskipun kesannya dadakan. Di Kudus, Pati, Jepara juga sering dijadikan alternatif kulakan oleh para pedagang sayuran. Harap maklum petani sekarang lebih cerdas dan cerdik. Sehingga saat mereka menangkap sebuah peluang, sekecil apapun itu mereka pasti akan memanfaatkannya.

Itulah sedikit gambaran mengenai pusat sayuran yang ada di Indonesia Bisnis sayuran masih sangat menjanjikan . Anda berminat?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel