Ternak Lovebird



 Foto Senja di sekitar peternakan, he..he.



Ketemu lagi di ternakjos ya. Sekarang kita akan berdiskusi tentang lovebird jenis HS atau Half Sider. Love bird dengan warna unik, langka dan sulit dicetak.



Dua foto di atas adalah koleksi saya. Hasil dari tangkaran saya sendiri. Bapak dan Ibunya sama-sama palamas. Dulu saya beli palamasnya saat masih mahal. Kandang penangkaran saya adalah kandang besi berkaki empat dengan atap berbentuk gapura. Kandang ini biasa dipakai untuk nuri. Saya biarkan saya di halaman depan rumah. Tentu saja bagian atapnya saya tutup dengan asbes supaya tidak kehujanan dan kepanasan. Kandang ini lebih luas daripada kandang bateray kotak yang bisa ditumpuk itu. Awet dan kuat meski harganya tentu saja sedikit lebih mahal. Oh ya pecinta HS memang tak sebanyak pecinta lovebird pada umumnya. Yang saya tahu komunitas Halfsider adanya di kecamatan Welahan Jepara, beberapa daerah di Pekalongan dan juga Tegal. Harga seekor Halfsider tidak ada patokan jelas. Tergantung peminat dan yang punya. Kisaran terendah terakhir yang saya dengar adalah satu koma enam juta rupiah. Mahal ya? Lumayanlah..Karena langka maka harga lebih ditentukan oleh peminat atau calon pembeli. Kalau sudah tertarik dan pengennya sudah ngebet tentu saja berapapun akan dibayar. He..he.




Cara Ternak

Lihat juga Kandang Kacer

Cara ternak Halfsider bisa dikatakan sama dengan jenis-jenis lovebird yang lain. Makanan pokoknya juga millet. Ditambah jagung dan kangkung. Air minum sedapat mungkin diusahakan sehari ganti karena ini sangat vital untuk kesehatan si Halfsider. Kalau masalah pembersihan kotoran beda peternak beda pula metodenya. Ada yang setiap hari dibersihkan. Ada yang tiga hari sekali bahkan ada yang seminggu sekali.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel